Kamis, 04 Desember 2014

Balap Liar Contoh Penyimpangan Sosial

Berbicara mengenai Contoh Penyimpangan Sosial, saya akan mencurahkan salah satu yang ada di pikiran saya saat ini. Dan saya mengambil aktivitas Balap Liar sebagai salah satu Contoh Penyimpangan Sosial. Suka tidak suka, para pembaca yang mencintai balap liar harus menerima apa yang akan saya ulas berikut ini;

Definisi Singkat Penyimpangan Sosial

Hasil membaca beberapa buku mengenai Ilmu Sosial, penyimpangan sosial bisa didefinisikan sebagai salah satu bentuk perilaku perorangan atau kelompok yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat, baik dilakukan secara sadar maupun tidak.

Definisi diatas menjadi alasan saya mengambil balap liar sebagai salah satu contoh penyimpangan sosial. Agar lebih jelas, silakan pembaca melanjutkan membaca hingga selesai.

Mengenal Aktivitas Balap Liar

Balap liar yang saya ketahui adalah aktivitas uji kemampuan kendaraan roda dua dan roda empat beserta pengendaranya (Joki). Aktivitas balap liar dilakukan ditempat yang bukan peruntukannya, misal jalanan umum. Melihat dari tempat berlangsungnya saja sudah tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku dan bahkan sudah melanggar hukum lalu lintas.


Selain dari tempat yang digunakan balap liar. Aktivitas yang didasari hobi ini kerap ditumpangi dengan perilaku arogan lainnya. Contoh saat akan dilakukan balapan Drag (Trek Lurus), beberapa menit menjelang start jalanan yang dijadikan trek balap dadakannya kerap ditutup oleh kelompok yang terlibat didalam aktivitas tersebut, sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya.

Walaupun tidak semua balap liar sama, saya sempat melihat dan menonton aktivitas penyimpangan lain disaat adanya balap liar, seperti; Judi (taruhan antar penonton dan pemilik kendaraan), Minum minuman keras, hingga terjadi sebuah tawuran antar kelompok yang bersitegang gara-gara balap liar.

Nah, kurang lebih begitulah yang ada di pikiran saya mengenai contoh penyimpangan sosial. So, buat anda yang suka balap liar jangan sampai Judge dan ngomel tidak jelas sama saya. Jika anda tidak suka, silakan lanjutkan apa yang ada suka. Beres kan?

Terima kasih sudah membaca artikel perdana saya ini, see you next post :-)

Balap Liar Contoh Penyimpangan Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lantang Biantara

0 komentar:

Posting Komentar